2 Kunci Kemenangan Garuda Muda Atas Chinese Taipei

Timnas Indonesia U-19 berhasil memetik hasil maksimal pada pertandingan pertama babak penyisihan grup A Piala AFC U-19 2018. Garuda Muda berhasil menang telak 3-0. Hasil tersebut membuat Indonesia bercokol di posisi teratas Grup A.

Menjalani laga di stadion Utama Gelora Bung Karno, skuad asuhan Indra Sjafri sempat dibuat kerepotan oleh Chinese Taipei. Selain sulit membongkar lini pertahanan lawan, serangan balik dari Timnas Chinese Taipei terbilang cukup merepotkan.

Masuk paruh kedua, Garuda Nusantara langsung tancap gas. Alhasil setelah pertadingan memasuki menit ke-50, Egy Maulana Vikri berhasil membawa Timnas U-19 memimpin. Meskipun demikian, keunggulan Indonesia tak berlangsung lama.

Lewat serangan balik cepat, Chinese Taipei mampu menyamakan skor menjadi 1-1 setelah Wang Chung-Yu berhasil membobol gawang Indonesia. Namun pada menit 70, Witan Sulaeman berhasil membawa Timnas U-19 kembali unggul berkat sundulannya yang gagal diantisipasi oleh kiper Chinese Taipei.

Tidak sampai di situ saja, pada menit ke-89, Witan kembali lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor. Memanfaatkan umpan matang dari Egy, Witan dengan mudah menyontek bola ke dalam gawang Chinese Taipei.

Baca juga: Timnas Indonesia Wajib Waspada Dengan Tim Rasa Eropa Di Grup B Piala AFF 2018

Berkat kemenangan 3-1 dari Chinese Taipei, membuat Garuda Muda saat ini bercokol di puncak Grup A dengan nilai 3. Skuad asudah coach Indra Sjafri ini unggul produktifitas gol atas Uni Emerat Arap yang sebelumnya berhasil menang 2-1 atas Timnas Qatar.

Kunci Kemenangan Atas Chinese Taipei

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri menilai ada dua hal yang membuat anak asuhnya menang telak atas Chinese Taipei. Menurut coach Indra, kunci kemenangan yang pertama lantaran dirinya sudah tahu seperti apa bentuk permainan Chinese Taipei sebelum laga dimulai.

Kondisi inilah yang kemudian membuat coach Indra menyiapkan strategi khusus supaya bisa mematahkan taktik lawan. Meskipun perlu diakui juga bahwa pada babak pertama Timnas U-19 sangat kesulitan membongkar lini pertahanan lawan.

Lebih lanjut coach Indra mengungkapkan jika kemenangan ini perlu untuk disyukuri. Telebih lagi ini merupakan pertandingan pertama yang bisa menentukan langkah Indonesia selanjutnya.

Kemudian untuk kunci kemenangan yang kedua skuad Garuda Nusantara ada andil besar dari perubahan taktik yang dilakukan oleh kubu lawan. Pada babak kedua, garis pertahanan dari Chinese Taipei sedikit lebih tinggi.

Situasi ini dimanfaatkan betul oleh para penyerang Timnas Indonesia. Terbukti Garuda Nusantara mampu mendulang tiga gol dari Egy pada menit ke-50 dan Witan pada menit ke-71 dan 88.

Dengan semakin majunya lini pertahanan dari Chinese Taipei, akhirnya membuat Timnas U-19 lebih mudah untuk mengeksploitasi lini pertahanannya. Situasi ini berbeda jauh pada babak petama, Timnas Indonesia U-19 terkesan susah sekali untuk masuk ke lini pertahanan Chinese Taipei.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *