Ajang Adu Hebat Para Alumni Akademi Barcelona Dan Madrid

Atensi publik dunia tehadap duel El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid pekain ini memunculkan beragam fakta. Salah satu diantaranya adalah persaingan dua tim tradisional Spanyol terkait dengan pemain lulusan asli akademi.

Rilis dari La Liga mengungkapkan jika baik Barca maupun Madrid mendominasi angka tebanyak lulusan akademi yang bermain di lima Liga terbesar yang ada di daratan Eropa. Tak ayal El Clasico ini mewakili dua sekolah junior terbaik yang ada di persepakbolaan Benua Biru.

Barca memiliki La Masia, sedangkan Madrid punya La Fabrica. Dan, dua sekolah tersebut dikenal memiliki reputasi tak pernah berhenti dalam menghasilkan para pemain-pemain berbakat.

Selain itu, beberapa jebolan dari dua akademi ini berhasil menjadi bintang di klub senior Barcelona maupun Madrid. Dan tidak hanya itu saja, fakta menunjukkan jika ternyata lulusan dari dua akademi sepakbola elit ini banyak yang berkarir di klub lain, baik di Spanyol maupun  klub-klub yang ada di luar Spanyol.

Fakta Almuni La Masia dan La Fabrica

Laporan dari CIRS Football Observatory yang dirilis pada tahun 2018, mengungkapkan jika ternyata Madrid lebih banyak memiliki alumni yang bermain di klub-klub lima liga Eropa terbesar. Total ada 36 alumni.

Catatan ini menjadikan Madrid memiliki kuantitas lebih banyak jika dibandingkan dengan tim-tim lain, termasuk Barcelona. Sementara itu, Barca hanya menduduki peringkat ketiga dengan mengirim 34 lulusan yang bermain di liga-liga top Eropa.

Tidak berhenti sampai di situ saja, laporan tersebut juga menemukan jika El Real memiliki total 35 mantan pemain muda yang bersaing di devisi tertas 31 liga terbaik yang ada di Eropa. Sedangkan untuk akademi La Masia milik Barca hanya memiliki 47 lulusan yang bermain di 30 liga top lainnya di luar Spanyol.

Terlepas dari itu semua, fakta ini tentunya menjadi pencapaian luar biasa bagi Barcelona dan Real Madrid karena berhasil melahirkan para pemain-pemain berkualitas dari akademinya masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *