Coutinho Resmi Berpaspor Portugal, Barcelona Yang Paling Diuntungkan

0 Shares

Pada bursa transfer musim dingin 2017, salah satu klub di La Liga Spanyol Barcelona berhasil memenuhi ambisinya untuk mendatangkan Philippe Coutinho dari Liverpool. Terlepas dari semua itu, ada hal yang cukup menarik pada diri Coutinho di tahun 2018 ini.

Hal ini terkait dengan status kewarganegaraan dari eks bintang Liverpool ini. Secara mengejutkan, pada tahun 2018 ini Coutinho resmi menjadi warga negara Portugal. Hal ini tentunya memberikan spekulasi bahwa dirinya akan membela timnas Portugal.

Tapi di sisi lain, hal ini ternyata justru memberikan keuntungan tersendiri untuk klub yang dibela Coutinho saat ini, Barcelona. Kentungan tersebut berkaitan dengan jumlah pemain asing yang bisa dimainkan dalam skuat Barcelona.

Coutinho Resmi Menjadi Warga Portugal

Menurut Undang Undang Kependudukan Portugal, bagi seseorang yang ingin menjadi wargenegara Portugal harus terlebih dahulu memiliki istri ataupun suami dan sudah menjalin rumah tangga minimal dua tahun.

Coutinho yang sebelumnya merupakan warga Brasil ternyata sudah memenuhi persyaratan tersebut. Sebab dirinya saat ini beristrikan wanita asal Portugal, Aine Coutinho dan sudah membina rumah tangga selama dua tahun.

Dan pada hari Jumat tanggal 10/8/2018, menurut beberapa media di Eropa melaporkan jika Coutinho sudah resmi mendapatkan paspor Portugal. Dengan demikian, Coutinho yang saat ini tercatat sebagai pemain Barcelona bisa bermain di Liga Spanyol sebagai orang Portugal.

Keuntungan Bagi Barcelona

Dengan dikabulkannya permintaan Coutinho untuk menjadi warga negara Portugal, ternyata bisa memberikan dampak yang sangat menguntungkan untuk Barcelona. Hal ini bisa menghilangkan kekhawatiran dari Barca.

Kenapa bisa seperti itu? Menurut peraturan resmi dari UEFA, klub-klib Eropa hanya diperbolehkan menurunkan maksimal tiga pemain yang bukan berasal dari Uni Eropa pada setiap pertandingan.

Ini berarti bahwa pelatih Barca, Ernesto Valverde tidak dipusingkan untuk menurunkan antara Coutinho, Malcom, Arthur, atau Arturo Vidal. Hal ini disebabkan ketiga pemain yang baru didatangkan Barca pada jendela transfer musim panas 2018 merupakan pemain non Uni Eropa.

Dengan demikian, kondisi ini bisa sangat membantu terutama pada saat ingin menentukan strating eleven di sebuah pertandingan. Sebab saat ini Coutinho sudah tercatat sebagai warga negara Portugal.

Baca juga: Barca Juara Piala Super Spanyol, Dembele Bikin Madrid Ketar-Ketir

Kebijakan Barcelona

Sebenarnya Barca sebelumnya sudah pernah mengambil rute yang sama kepada Luis Suarez yang merupakan pemain non-UE di skuat Barcelona. Barca ingin membuat Suarez memiliki paspor Italia.

Namun sayangnya sampai saat ini proses pengajuan Suarez untuk menjadi warga negara Italia belum selesai. Jika apa yang dialami oleh Coutinho ini juga dialami oleh Suarez, tentu saja akan sangat menguntungkan bagi kubu Barca.

Meninggalkan Timnas Brasil

Setelah menikmati cuti liburan usai membela Timnas Brasil pada Piala Dunia 2018, Coutinho sudah tampak kembali berlatih dengan Barca awal pekan ini. La Liga musim 2018/2019 ini akan menjadi musim penuh pertamanya berseragam Barca.

Yang menjadi pertanyannya sekarang adalah Timnas mana yang akan dibela oleh Coutinho? Apakah dirinya akan meninggalkan Timnas Brasil dan bergabung dengan Timnas Portugal?

Sampai saat ini belum ada laporan mengenai apakah Coutinho akan pergi meninggalkan Timnas Brasil dan memilih bergabung dengan Cristiano Ronaldo di Timnas Portugal. Jadi hal ini belum bisa dipastikan.

Tapi apapun itu, yang paling diuntungkan saat ini adalah Barcelona. Barcelona bisa dengan leluasa menurunkan Coutinho untuk mengarungi La Liga Spanyol musim 2018/2019.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *