Daftar Pemain Naturalisasi Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

0 Shares

Jika berbicara tentang para pemain naturalisasi Indonesia, rasanya kurang lengkap jika tidak membahas tentang performa dari para pemain naturalisasi tersebut. Apalagi tujuan dari PSSI menaturalisasi seorang pemain pastinya adalah untuk mengangkat performa Timnas Indonesia.

Namun sayangnya apa yang dilakukan oleh induk sepakbola terbesar di Indonesia ini tidak semuanya berhasil. Bahkan ada beberapa yang dinyatakan sebagai sebuah kegagalan.

Meskipun demikian, tidak bisa dipungkiri juga bahwa ada beberapa pemain naturalisasi yang berhasil memberikan kontribusi yang sangat baik untuk Timnas. Bahkan bisa dikatakan sebagai para pemain naturalisasi terbaik sepanjang sejarah.

Contohnya saja seperti Stefano Lilipaly. Lilipaly bahkan sanggup menjadi andalan Timnas Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini. Meskipun beda pelatih, pemain yang saat ini membela Bali United ini selalu menjadi pilihan utama di Timnas Indonesia.

Yang paling baru adalah pada saat dirinya dipercaya memperkuat Timnas Indonesia U-23 kala bertarung di Asian Games 2018 lalu. Sebagai pemain senior, dirinya mampu memberikan dampak yang cukup signifikan meskipun masih belum mampu membawa Timnas mencapai target.

Selain Lilipaly, Beto Goncalves juga masuk dalam daftar pemain naturalisasi terbaik sepanjang masa. Menjadi pilihan utama di lini serang Timnas Indonesia U-23 saat bertarung di Asian Games 2018, Beto selalu menjadi pilihan utama di sektor lini serang.

Beto pun berhasil menunjukkan bahwa keputusan pelatih untuk memanggil dirinya tidaklah salah. Pasalnya Beto mampu menjadi pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia dengan jumlah empat gol.

Nama lain yang dipercaya sebagai keberhasilan PSSI dalam menaturalisasi pemain adalah Cristian Gonzales. Permaianan terbaik Gonzales bisa dilihat pada saat membela Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2010 silam.

Terlepas dari itu semua, sayangnya rata-rata para pemain naturalisasi tersebut sudah menginjak masa tuanya atau sudah mendekati masa pensiun. Hanya Lilipaly saja yang dinaturalisasi pada saat usianya masih cukup muda.

Beda cerita jika para pemain naturalisasi tersebut secara usia masih cukup muda. Pastinya para pemain naturalisasi Indonesia ini bisa lebih memberikan kontribusi dalam jangka waktu yang lebih lama untuk Timnas Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *