Edy Rahmayadi Sarankan Hukuman Terberat Bagi Persib Bandung

Ketua umum PSSI Edy Rahmayadi telah memberikan saran akan hukuman yang bakal menimpa Persib Bandung. Kabarnya, kepastian hukuman ini akan terjadi dalam waktu sepekan setelah kasus ini terselesaikan.

Insiden Memilukan Yang Menewaskan Haringga Sirilla

Laga big match yang mempertemukan Persib Bandung dan Persija memang sangat ditunggu-tunggu. Permainan menyerang dipraktekkan oleh kedua kesebelasan. Dan Persib yang menjadi tuan rumah mampu keluar sebagai pemenang.

Laga besar ini harus dibayar mahal dengan adanya ulah supporter Persib. Insiden memilukan yang terjadi mendapatkan keprihatinan dari sejumlah pihak. Pasalnya, tindakan keji Bobotoh terhadap pendukung Persija Haringga Sirilla mengakibatkan tewasnya supporter.

Oknum bobotoh melakukan pengeroyokan pada Haringga, menyeret dan melakukan penusukan pada Haringga menggunakan besi. Tindakan ini lantas mengakibatkan Haringga tidak selamat sebelum dilarikan ke rumah sakit.

Insiden inilah yang akan mengancam eksistensi dari bobotoh dan Persib Bandung. Kabarnya, hukuman berat akan dilayangkan PSSI untuk memberikan efek jera.

Kemungkinan Sanksi Yang Diberikan PSSI Pada Persib

Dilaporkan di laman bola Rabu 26/9/2018 bahwa ketua PSSI telah memberikan rekomendasi hukuman bagi Persib Bandung. Mulai dari yang paling ringan, menengah dan paling berat.

Hukuman ini bisa saja pengurangan poin, larangan tanpa ditonton bobotoh, sampai didiskualifikasi dari Liga 1 Indonesia. Hukuman ini diharapkan bisa menimbulkan efek jera.

Pemberian hukuman ini memang bisa saja diberikan pada klub dan bobotoh sendiri. Keduanya sama-sama mendapatkannya. Terlebih pada pendukungnya.

Tanggapan Managemen Persib Terkait Sanksi Dari PSSI

PSSI memang akan memberikan sanksi tegas akibat insiden yang menewaskan salah satu supporter. Meskipun dilakukan oleh supporter, imbas dari hukuman akan jatuh pula pada klub.

Jika berkaca pada klub-klub dunia, apapun kerusuhan yang dilakukan oleh pendukung jelas akan berdampak pada klub itu sendiri. Sanksi yang diberikan pada klub inilah yang nantinya bisa memberikan efek jera bagi pendukungnya.

Ibaratnya, jika pendukung sayang akan klubnya, maka pendukungnya wajib melakukan tindakan yang baik dari kursi penonton. Ketika tidak dipatuhi, sudah semestinya klub tersebut bisa dijatuhi sanksi berupa denda dan sebagainya.

Terkait sanksi yang akan diberikan oleh PSSI pada Persib, managemen Persib angkat bicara. Managemen meminta PSSI berlaku adil kala menjatuhkan sanksi. Artinya, PSSI diharapkan tidak menjatuhkan sanksi sampai ke tahap diskualifikasi.

Managemen beralibi jika kejadian ini tidak hanya sekali saja. Namun pernah terjadi kejadian serupa yang membuat tewasnya supporter.

Kerusuhan memang sering terjadi pada pendukung tim elite. Seakan menunjukkan eksistensinya, kurang dewasanya supporter inilah yang menimbulkan banyak insiden.

Terlepas dari permintaan dari managemen, PSSI masih belum mengambil keputusan terkait sanksi apa yang akan dijatuhkan. Namun begitu, Edy Rahmayadi selaku ketua umum PSSI akan memberikan tindakan tegas supaya kejadian serupa tidak terjadi kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *