Intip Kekuatan Lawan Timnas Indonesia U-19 Pada Babak Perempat Final Piala Asia 2018

Lawan yang harus dihadapi Timnas Indonesia U-19 pada babak perempat final Piala Asia 2018 bukanlah lawan yang sembarangan. Sebagai juara bertahan, Jepang menjadi unggulan teratas di turnamen ini.

Rencananya pertandingan antara Indonesia U-19 VS Jepang U-19 akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Minggu 29/10/2018. Di atas kertas, Jepang bukanlah lawan yang mudah untuk Egy Maulana Vikir dkk.

Jepang pun sudah membuktikan seperti apa kualitasnya. Terbukti dalam tiga pertandingan penyisihan grup di Piala AFC U-19 2018, Yuta Taki dkk mampu menyapu bersih semua laga dengan kemenangan.

Performa menawan Jepang U-19 sejatinya sudah tampak sebelum dimulainya ternamen ini. Kinerja meyakinkan berhasil ditunjukkannya dalam tiga laga uji coba kontra Republik Ceko, Canary Islands, dan Spanyol. Meskipun Jepang harus ditaklukkan 0-2 saat berhadapan dengan Spanyol.

Meskipun demikian, hasil uji coba ini secara tidak langsung menegaskan status Jepang sebagai raksasa Asia. Sebenarnya performa apik Jepang tak lepas dari tangan dingin sang pelatih dalamĀ  meramu taktik.

Formasi Timnas Jepang U-19

Pelatih Jepang, Masanaga cukup jeli dalam memanfaatkan materi pemain. Formasi 4-4-2 pun dipilih sang pelatih untuk diterapkan pada setiap pertandingan di Piala Asia U-19 2018.

Terlihat formasi 4-4-2 ini mampu membuat permaian Jepang begitu cair. Para pemainnya bisa dengan leluasa bertukar posisi pada saat menyerang lini pertahanan lawan-lawannya.

Strategi dari sang pelatih berjalan sesuai rencana. Kondisi ini tidak lepas dari dukungan sejumlah pemain yang dikenal memiliki teknik oleh bola di atas rata-rata. Salah satu diantaranya bernama Takefusa Kubo.

Pemain yang mendapatkan julukan Lionel Messi dari Jepang ini memang dikenal memiliki kecepatan dan oleh bola di atas rata-rata. Bahkan dirinya tidak ragu menggiring bola dan melewati para pemain musuh demi bisa merangsek ke kotak pinalti lawan.

Dengan kemampuannya ini, Takefusa bisa dengan mudah mengobrak-abrik lini pertahanan lawan. Meskipun selama turnamen Piala AFC U-19 2018 dirinya baru menorehkan satu gol.

Yang lebih menghawatirkannya lagi, tidak hanya Takefusa saja pemain Jepang U-19 yang patut diwaspadai. Dalam skuat Jepang U-19 juga memiliki seorang penyerang yang produktifitas golnya tidak bisa dipandang sebelah mata, yakni Koki Saito.

Sampai saat ini Saito tercatat sudah menorehkan tiga gol. Yang paling baru, Saito ikut menyumbang satu gol pada saat Jepang U-19 berhasil menang telak atas Irak U-19 pada pertandingan ke-3 penyisihan Grup B.

Jika tidak ingin dipermalukan Jepang, Indra Sjafri harus menyiapkan strategi jitu supaya bisa meredam keagresifan Jepang. Meskipun pertandingan tersebut sangat sulit, Timnas Indonesia U-19 tetap masih memiliki peluang untuk menembus babak semifinal sekaligus lolos ke Piala Dunia U-20 2019 nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *