La Liga Di AS, Barca Yang Paling Beruntung

0 Shares

Terjadi pro dan kontra terkait dengan rencana akan dimainkannya beberapa pertandingan La Liga di luar negeri. Tapi terlepas dari semua itu, ada fakta menarik jika hal ini sampai terjadi.

Hal ini terkait dengan keuntungan yang akan didapatkan oleh pihak klub yang akan berlaga di luar negeri tersebut. Kabarnya, klub yang akan berlaga di laur negeri tersebut akan memperoleh keuntungan yang cukup besar.

Oleh sebab itu, wajar saja jika banyak klub yang menyambut positif dengan rencana operator Liga Spanyol yang ingin menyelenggarakan beberapa pertandingan resmi Liga di luar negeri.

Josep Vives yang merupakan juru bicara dewan pengurus Barcelona pun ikut angkat bicara terkait dengan pro kontra memainkan beberapa pertandingan Liga Spanyol di Amerika Serikat.

Vives berpendapat jika sebenarnya pihak klub akan sangat diuntungkan dengan rencana ini. Namun di sisi lain dirinya tidak yakin terkait dengan seperti apa situasi para pemain.

Beberapa pekan yang lalu, operator Liga tertinggi di Spanyol ini secara mengejutkan membuat keputusan untuk memainkan beberapa laga Liga Spanyol di Luar Negeri, atau lebih tepatnya di Amerika Serikat.

Keputusan ini lantas mengundang pro dan kontra. Pasalnya para pemain merasa sangat dirugikan lantaran harus bepergian cukup jauh hanya untuk tampil di Liga. Apalagi beberapa tim harus menerima laga kandang rasa tandang.

Terlepas dari semua itu, Vives berbendapat jika situasi ini akan membuat Barcelona justru untung besar. Jika memang seperti itu, lalu apa yang menjadi alasannya?

Keuntungan Untuk Klub

Menurut Vives, sebenarnya sudah banyak klub-klub yang berkompetisi di La Liga Spanyol sepakat dengan kerja sama ini. Pasalnya hal ini bisa mendatangkan lebih banyak lagi pendapatan untuk klub, mulai dari sponsor, hak siar, dan lain sebagainya.

Alasan yang sangat masuk akal. Terlebih lagi, alasan paling mendasar kenapa Liga Sepakbola Profesinal (LFP) sekalu operator dari La Liga adalah untuk lebih mengenalkan Liga Spanyol ke luar negeri. Hal ini sudah pasti ujung-ujungnya adalah terkait dengan market.

Barcelona Bakal Buka Laga La Liga Di Amerika Serikat

Meskipun rencana awalnya adalah memainkan laga Big Match, tapi justru Derby Catalan yang akan mengawali rencara Liga Spanyol yang dipertandingan di Amerika Serikat. Barcelona dijadwalkan akan berhadapan dengan Girona pada awal tahun 2019.

Pada awalnya, pihak operator Liga Spanyol merencanakan pertandingan pertama yang akan dilangsungkan di AS adalah antara Real Betis VS Barcelona pada bulan Maret 2019.

Meskipun sebenarnya pemindahan Liga Spanyol ke Amerika Serikat ini sempat menuai berbagai penolakan. Terlebih lagi dari para pemain dan suporter klub. Keputusan ini dianggap terlalu sepihak tanpa melaui proses pembahasan terlebih dahulu.

Keuntungan Untuk Barcelona

Terlepas dari pro dan kontra tersebut, ternyata situasi ini akan memberikan keuntungan yang cukup besar untuk Barcelona. Diperkirakan, Barca akan menerima keuntungan sebesar 3,6 juta poundsterling atau setara dengan Rp 67 miliar.

Tentunya keuntungan tersebut terbilang cukup besar. Terlebih  lagi tim yang dihadapi oleh Barca bukanlah tim elit. Musim lalu saja, Barca berhasil 2 kali menghancurkan Girona baik di laga tandang maupun kandang dengan agregat 9-1.

Pada musim 2018/2019, keduanya akan menjalani laga bersejarah dalam persepakbolaan Spanyol. Keduanya akan menjadi tim pertama yang bakal memainkan pertandinga resmi La Liga di luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *