La Liga Pindah Ke Amerika Serikat, Ada Apa?

0 Shares

Sesuatu yang cukup menghebohkan terjadi pada kompetisi tertinggi sepakbola Spanyol, La Liga. Banyak pemberitaan di media masa yang menyebutkan bahwa Liga Spanyol akan diselenggaran di Amerika Serikat.

Tentunya hal ini sangat mengejutkan banyak pihak. Apalagi para masyarakat Spanyol. Tentunya banyak yang kurang sepakat dengan hal ini. Sehingga wajar saja jika terjadi pro dan kontra.

Yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah apa yang menyebabkan hal seperti ini sampai terjadi? Tentunya cukup mengherankan jika sebuah Liga Domestik diselenggarakan di negara lain.

Penyebab La Liga Pinda Ke AS

Untuk pertama kalinyaa kompetisi Liga Spanyol akan diselenggaran di negara lain. Amerika Serikat menjadi negara yang akan dipilih. Wajar saja jika banyak yang merasa kaget dan keheranan dengan apa yang dilakukan oleh pihak penyelenggara La Liga Spanyol.

Umumnya seluruh pertandingan dari Liga Domestik di suatu negara akan dimainkan di dalam lingkungan negara tersebut. Tapi pada musim 2018/2019 hal tersebut tidak berlaku lagi bagi sepak bola Spanyol.

Hal ini tentunya bukan tanpa sebab. Mengawali musim 2018/2019 pihak operator dari Liga Spanyol sudah mencapai kesepatakan untuk memainkan pertandingan papan atas yang kompetitif di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Terjadi Kesepakatan Dengan Relevant Sports

Di dalam kesepakatan tersebut, pihak penyelenggara La Liga sudah meneken kontrak selama 15 tahun dengan perusahaan media multinasioanl bernama Relevant Sports. Yang mana pertandingan Liga Spanyol akan dilaksanakan di luar negeri dengan syarat pertandingan tersebut dimainkan oleh klub papan atas La Liga.

Ide ini sebenarnya berawal setelah Real Madrid dan Barcelona menjadi tim yang paling banyak memperoleh pemasukan dari tingginya animo penggemar untuk menyaksikan pertandingan antara kedua raksasa La Liga Spanyol tersebut.

Menurut kepala La Liga Spanyol, Javier Tebas, ketika NBA ataupun NFL bisa dimainkan di luar lingkungan mereka atau negara mereka, kenapa Liga Spanyol tidak bisa. Lebih lanjut dirinya juga mengungkapkan jika sangat penting untuk mengembangkan potensi seperti ini.

Kesepatakan ini diharapkan dapat meningkatkan popularitas sepak bola yang ada di Amerika Serikat. Terlebih lagi para pecinta La Liga Spanyol yang berada di Amerika Utara setiap tahunnya semakin meningkat.

Hal ini sudah dibuktikan dengan ludesnya tiket yang terjual pada saat laga Internasioanal Champions Cup 2017 (ICC 2017) lalu. Sehingga hal ini bisa menjadi trobosan untuk lebih mempopulerkan La Liga di luar negeri.

Langkah berani dari penyelenggara Liga Spanyol ini tidak hanya didukung oleh pihak Relevent Sports saja, tapi tim NFL yang dimiliki Stephen Ross juga mendukung langkah berani ini guna meningkatkan sponsor di benua Amerika.

Benua Asia Menjadi Target Berikutnya

Jika langkah berani yang dilakukan oleh operator La Liga ini mendapatkan respon yang cukup positif, bukan tidak mungkin di musim-musim berikutnya Benua Asia akan menjadi terget selanjutnya.

Hal ini sangat wajar terjadi, pasalnya di Asia sendiri dikenal banyak sekali fans dari Liga Spanyol, terutama para fans Real Madrid dan Barcelona. Apalagi untuk segi bisnis, potensi bisnis sepak bola di Asia terbilang sangat menjanjikan.

Jika hal ini bisa terealisasi, maka ini merupakan kabar yang cukup menggembirakan untuk para Madridista dan Barcelonista yang ada di kawasan Asia. Peluang mereka untuk menyaksikan laga El Clasico secara langsung akan semakin dekat.

Dan tidak menutup kemungkinan juga apa yang dilakukan oleh penyelanggara kompetisi tertinggi sepakbola Spanyol ini juga akan diikuti oleh para penyelenggara Liga lain di negara-negara Eropa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *