Liga Indonesia Dibekukan Sementara

35 Shares

Insiden yang menewaskan supporter berimbas pada Liga Indonesia. PSSI selaku pimpinan tertinggi sepakbola Indonesia memutuskan untuk membekukan liga tersebut. Praktis pembekuan ini membuat laga yang sudah dijadwalkan akan terhenti.

Seperti diketahui bahwa pembekuan ini tak luput dari ulah supporter. Insiden mengerikan yang menewaskan supporter Persija menjadi sorotan banyak pihak. Tindakan keji ini jelas tidak dibenarkan, menambah daftar panjang ketidakdewasaan beberapa supporter di tanah air.

Pembekuan liga ini diharapkan bisa melepas ketegangan antara supporter. Selain itu, PSSI juga sedang membentuk tim investagasi guna menemukan biang keladi masalah tersebut.

Dukungan Atas Pembukan Liga Indonesia

Pembekuan Liga Sepakbola Nasional menjadi keputusan tepat. Mengingat masih panasnya suasana antara pendukung kesebelasan. Terutama pendukung yang mengatasnamakan The Jak mania dan Bobotoh.

Kedua pendukung inilah yang paling banyak menghadirkan tensi panas. Yang terbaru jelas perseteruan yang menyebabkan hilangnya nyawa pendukung Persija. Parahnya, tindakan ini tampak tidak manusiawi.

Kurang dewasanya supporter lantas mendapatkan respon dari dewan tertinggi sepakbola nasional, PSSI. Dan keputusan untuk memberhentikan semua laga ini mendapatkan respon positif dari sejumlah pihak.

Diantara yang mendukung pembekuan ini adalah managemen Persib Bandung dan Managemen Persija. Pembekuan ini dirasa tepat meskipun belum jelas sampai kapan pembekuan ini berlangsung.

Dikabarkan di laman bola.okezone Rabu 26/9/2018 bahwa Irfan selaku petinggi di Persib menerima keputusan yang diambil PSSI. Ia juga mengatakan menerima usulan pemerintah, dan mengaku telah mendapatkan surat terkait pemberhentian liga.

Dukungan juga dilontarkan oleh petinggi Persija, Ardhi Cahyoko. Ardhi dengan tegas mengatakan pemberhentian liga ini dapat diterima dengan alasan masalah yang terjadi ditangani oleh pimpinan tertinggi sepakbola Indonesia.

Ardhi menambahkan jika pemberhentian ini bisa diambil hikmahnya. Kemudian, ia mengatakan supaya ada titik temu dari masalah yang sedang terjadi baru-baru ini.

PSSI Belum Menyatakan Kapan Liga Akan Dimainkan Kembali

Mengingat insiden ini baru saja terjadi, PSSI belum memberikan kejelasan mengenai kapan liga di Indonesia akan dimainkan kembali. Keputusan pertama adalah menghentikan liga sementara, serta fokus untuk menangani masalah yang terjadi. Tujuannya jelas untuk mendisiplinkan sejumlah pihak.

Mengenai pembekuan ini, pihak Persib memang menerimanya. Namun meminta agar pemberhentian liga tidak berlangsung lama.

Alasan utamanya adalah keuangan klub. Jika liga tidak dimainkan, tidak ada lagi pemasukan yang didapatkan. Sebaliknya, pengeluaran tetap dilakukan untuk membiayai gaji para punggawanya yang terbilang besar.

Perlu dipahami jika Persib sendiri akan mendapatkan sanksi atas insiden yang terjadi. Karena insiden ini melibatkan pendukung utamanya yang melakukan tindakan brutal, mengakibatkan supporter lain kehilangan nyawa.

Managemen Persib meminta agar PSSI tetap melakukan investigasi yang adil. Tentunya tidak menjatuhkan sanksi yang menyebabkan Persib didiskualifikasi. PSSI diharapkan mencermati kasus tersebut sebelum mengambil keputusan akhir.

Terlepas dari polemic yang terjadi, PSSI mengambil sikap tegas demi mendisiplinkan seluruh pihak. Dan, Liga Indonesia diberhentikan sampai waktu yang tidak ditentukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *