Marc Klok Sebentar Lagi Bisa Membela Timnas Indonesia

0 Shares

Dengan alasan untuk mengangkat performa Timnas Indonesia, PSSI sering menggunakan jalan pintas dengan menjadikan para pemain luar negeri untuk dijadikan sebagai WNI. Bahkan jika para pemain naturalisasi tersebut dikumpulkan sudah bisa dijadikan sebagai kesebelasan.

Pertanyaannya kemudian adalah apakah langkah induk organisasi sepak bola terbesar di Indonesia ini efektif?

Melihat hasil yang diperoleh Timnas sampai saat ini, bisa dikatakan usaha PSSI masih jauh dari kata berhasil. Meskipun tidak dipungkiri juga bahwa ada beberapa pemain naturalisasi yang terbukti bisa memberikan kontribusi cukup besar untuk Timnas.

Salah satu contohnya adalah Stefano Lilipaly. Lilipaly bahkan bisa dikatakan sebagai pemain naturalisasi yang paling bisa memberikan dampak besar terhadap performa Timnas Garuda.

Salah satu dari WNA yang saat ini sedang marak dibicarakan akan menjadi WNI adalah Marc Anthony Klok. Jika ini benar terjadi, bisa dikatakan sebagai berita bagus untuk Timnas Indonesia.

Pasalnya pemain yang lahir di Amsterdam Belanda ini secara usia masih cukup muda. Klok lahir pada 20 April 1993. Usianya yang baru 25 tahun ini diyakini bisa menjadi suntikan yang sangat baik untuk Timnas.

Proses Naturalisasi Hampir Rampung

Klok sendiri mengamini jika status kewarganegaraannya akan segera berganti. Bahkan dirinya mengaku jika proses naturalisasi untuk menjadi WNI hampir rampung. Selain itu, dikatakan juga jika dirinya sudah memenuhi semua persyaratan.

Sebenarnya ada dua prosedur naturalisasi, yakni prosedur konvensional dan istimewa. Namun untuk banyak kasus pesepakbola yang dinaturalisasi, hampir semuanya menggunakan prosedur istimewa.

Padahal jika menempuh prosedur konvensional, seorang pemohon minimal harus tinggal di Indonesia 5 tahun berturut-turut atau 10 tahun tidak berturut-turut. Hal tersebut diatur dalam pasal 20 UU Kewarganegaraan.

Namun berbeda dengan Klok, dirinya tercatata baru tinggal di Indonesia sejak tahun 2017. Jadi jika menempuh prosedur konvensional Klok sudah pasti belum memenuhi syarat itu.

Apapun itu, jika Klok jadi menjadi WNI, kabar yang cukup menggembirakan bagi para pecinta sepak bola Indonesia. Terlebih lagi jika dilihat secara kemampuan, dirinya bisa dikatakan memiliki kemampuan di atas rata-rata para pemain Indonesia.

Bahkan bisa dikatakan dirinya adalah salah satu pemain asing terbaik yang ada di Liga 1 sampai sejauh ini. Usia yang masih cukup muda serta penampilannya yang sangat konsisten di PSM Makassar bisa menjadi modal yang cukup berharga untuk diberikan kesempatan membela Timnas Indonesia suatu saat nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *