Maurizio Sarri Hapus Aturan Pelatih The Blues Sebelumnya

0 Shares

Maurizio Sarri baru saja mengawali karirnya di Liga Inggris bersama Chelsea. Baru sebulan menjabat sebagai manager Tim, Sarri telah membuat keputusan penting. Yakni menghapus aturan yang ditetapkan oleh pelatih sebelumnya, Antonio Conte.

Keputusan ini tentunya diambil dengan berbagai alasan. Dan ini bisa menjadi langkah yang bagus untuk membuat anak asuhnya lebih bahagia berseragam Chelsea. Lalu, apa saja aturan yang dhapus oleh sang pelatih?

Aturan Yang Dihapus Sarri Di Chelsea

Bukan rahasia lagi jika Conte merupakan sosok yang sangat menjaga anak asuhnya agar tampil lebih kuat dan kompak. Sejumlah aturan dibuat untuk mendapatkan performa bagus dari sejumlah anak asuhnya. Hanya saja, kadang aturan ini tidak disenangi oleh anak asuhnya.

Selepas dipecat secara tidak hormat oleh presiden klub, Sarri diangkat sebagai penggantinya. Dan sebulan menangani klub, Sarri kemudian menghapus aturan yang dibuat oleh Conte sebelumnya.

Aturan pertama yang dihapuskan adalah membebaskan anak asuhnya untuk mengkonsumsi makanan. Inilah yang dulunya tidak didapatkan oleh punggawa Chelsea dibawah kepemimpinan Conte.

Conte sendiri meminta anak asuhnya untuk melakukan diet ketat. Tujuan utamanya adalah supaya performa sang pemain lebih baik.

Dan era Sarri, punggawanya dibebaskan untuk mengkonsumsi makanan. Namun harus diingat bahwa kata bebas ini tetap mengacu pada hal-hal positif. Yakni tetap mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan kekuatan dan stamina sang pemain.

Aturan kedua yang dihapus sang pelatih adalah membiarkan anak asuhnya untuk tinggal di manapun sebelum pertandingan di kandang sendiri. Ini berbeda dengan yang dilakukan oleh Conte.

Conte memberikan aturan bahwa 1 hari sebelum pertandingan di kandang The Blues, seluruh punggawa diwajibkan untuk menginap di hotel West London. Aturan ini harus dilakukan demi menjaga kekompakan tim.

Namun di bawah kepelatihan Sarri, para pemain sudah tidak diwajibkan untuk menginap di hotel tersebut. Aturan dihapuskan, para pemain bisa istirahat di rumahnya sendiri atau di penginapan yang disukainya.

Alasan Sarri Menghapus Aturan Pelatih Sebelumnya

Sejatinya, aturan ini cukup masuk akal. Karena aturan tersebut bisa membuat para punggawa lebih bugar dan sehat. Bahkan, bisa terjaga kekompakannya. Baik di dalam maupun di luar lapangan.

Namun begitu, tidak semua punggawa bisa menerimanya. Contohnya adalah pada kasus diet ketat. Bagi sebagian punggawa nyatanya tidak menyetujui ide tersebut. Akibatnya, para punggawanya merasa tidak kuat dengan aturan tersebut.

Melihat situasi ini, Sarri tahu betul bahwa itu hanya akan mempengaruhi psikologi sang pemain. Akhirnya, aturan diet ketat ini dihapuskan. Pemain bebas mengkonsumsi makanan yang disukai, dengan catatan makanan yang dikonsumsi bisa meningkatkan staminanya.

Sama halnya dengan aturan untuk istirahat di Hotel West London sebelum bertanding di Stamford Bridge. Sarri memberikan kesempatan bagi para pemainnya untuk bisa berkumpul dengan keluarga tercintanya.

Ini juga sangat masuk akal. Karena hampir keseluruhan waktu sang pemain adalah untuk berlatih. Kelelahan ini bisa dinetralkan dengan adanya hubungan antara pemain dengan keluarga tercinta. Akhirnya, psikologis sang pemain juga lebih stabil.

Penghapusan dua aturan ternyata punya dampak positif bagi tim. Anak asuhnya mampu memberikan kontribusi bagus di laga perdana. Yakni dengan membawa kemenangan meyakinkan ketika melawan Huddersfield Town.

Kesimpulannya, penghapusan aturan ini memberikan dampak positif bagi para pemain. Penghapusan ini nyatanya mampu membuat anak asuhnya tetap kompak, staminanya terjaga dan mental bermainnya sangat bagus. Bisa dikatakan jika keputusan Maurizio Sarri ini cukup tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *