Meskipun Kalah dari UEA, Ternyata Timnas Indonesia U-19 Masih Bisa Lolos

0 Shares

Misi berat harus diemban oleh Timnas Indonesia U-19 untuk bisa lolos ke babak perempat final Piala AFC U-19 2018. Untuk memuluskan langkah Garuda Nusantara ini, kemenangan adalah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi.

Meskipun demikian, kendatipun nantinya Timnas U-19 harus kalah dari Timnas U-19 Uni Emirat Arab, ternyata peluang Egy Maulana Vikri Dkk untuk lolos ke fase berikutnya masih terbuka lebar.

Saat ini, Tim asuhan Indra Sjafri masih bertengger di posisi ketiga klasemen Grup A dengan koleksi 3 pon berkat kemenangan atas Timnas Taiwan U-19. Meskipun samap-sama mengumpulkan poin 3, tapi Indonesia kalah head to head dari Qatar U-19 yang menduduki peringkat ke 2.

Pada laga pamungkas gurp A, Garuda Muda bakal menghadapi lawan paling berat, Uni Emirates Arab (UEA). Sadangkan Timnas U-19 Qatar bakal berjumpa dengan Timnas U-19 Taiwan.

Kemenangan atas UEA sebenarnya akan langsung meloloskan Indonesia U-19 dengan catatan unggul margin gol minimal 2. Yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah bagaimana jika Indonesia U-19 kalah?

Ternyata jika Egy Maulana Vikri Dkk terpaksa harus mengakui keunggulan dari UEA U-19, Indonesia masih berpeluang lolos dengan catatan Taiwan mampu memang atas Qatar.

Jika UEA berhasil menang atas Indonesia, maka sudah bisa dipastikan UEA akan menjadi juara Grup A dengan koleksi poin sempurna, 9 poin. Kemudian, Indonesia, Qatar, dan Taiwan sama-sama mengoleksi poin 3 dan merebutkan posisi runner up Grup A.

Menurut regulasi Piala Asia U-19, tim dengan koleksi poin yang sama akan dilihat dari head to head. Tapi dikarenakan ketiga tim saling mengalahkan maka yang akan digunakan untuk menentukan posisi runner up Grup A adalah selisih gol yang dihasilkan dari laga antara ketiga tim, barulah jumlah gol yang berhasil dicetak.

Untuk saat ini, selisih gol Indonesia U-19 adalah 8-7=+1 gol dari hasil menang 3-1 atas Taiwan U-19 dan kalah 5-6 dari Qatar U-19. Sementara itu, agregat gol dari Qatar U-19 adalah 6-5=+1 gol dan Taiwan U-19 adalah 1-3=-2 gol.

Syarat Timnas U-19 Indonesia Lolos

Meskipun Indonesia U-19 pada laga terakhir melawan UEA harus menelan kekalahan, Indonesia masih bisa lolos dengan catatan Taiwan U-19 menang tidak lebih dari 3-0. Dengan kemenangan 3-0 atas Qatar maka selisih gol menjadi Indonesia U-19 8-7=+1 gol, Qatar U-19 6-8=-2 gol, dan Taiwan 4-3=+1 gol.

Meskipun sama-sama surplus 1 gol, Timnas Indonesia masih unggul jumlah gol yang dicetak (8 gol) atas Taiwan (4 gol). Tetapi meskipun demikian, jangan sampai Timnas Indonesia U-19 kalah dari UEA jika ingin lolos ke fase selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *