Meskipun Kalah Dramatis, Timnas U-19 Masih Unggul Dalam 3 Hal

0 Shares

Kendatipun belum berhasil memberikan kemenangan bagi rakyat Indonesia, penampilan Timnas U-19 Indonesia berhasil memukau para penonton yang hadir langsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Pada pertandingan kedua fase Grus A Piala Asia U-19 2018, Garuda Nusantara harus dipkasa mengakui keunggulan Qatar dengan skor yang sangat menyakitkan, 5-6 untuk kemenangan Qatar U-19.

Timnas U-19 yang pada babak pertama sempat tertinggal 1-6, akhirnya berhasil menipiskan jarak berkat empat gol yang tercipta di 30 menit terakhir babak kedua. Sebagai para pecinta sepak bola Indonesia, tentunya wajib untuk mengapreasi perjuangan para punggawa muda yang tak kenal lelah.

Permainan dengan determinasi tinggi ini pun berhasil membuat Egy Maulana Vikri Dkk memiliki tiga catatan yang lebih baik jika dibandingkan dengan Timnas U-19 Qatar.

Unggul Dalam Penguasaan Bola

Para punggawa muda Timnas Indonesia ini sebenarnya unggul telak dalam hal penguasan bola dari Timnas Qatar. Untuk jumlah penguasaan bolanya sendiri, sebenarnya Indonesia mampu menguasia bola sebanyak 70% pada pertandingan tersebut.

Sementara itu, Qatar yang pada laga tersebut lebih sering mengandalkan serangan balik, hanya kebagian 30% sisanya saja dalam hal penguasaa bola. Meskipun menang dalam penguasaan bola, Indonesia U-19 selalu ketetran dengan serangan balik mematikan yang dilancarkan oleh Qatar.

Hal ini tentunya harus menjadi catatan tersendiri untuk couch Indra Sjafri. Jangan sampai kondisi seperti ini terulang lagi pada saat kontra Uni Emirat Arab di pertandingan ke-3 fase Grup A yang sekaligus sebagai laga penentuan lolos tidaknya Indonesia U-19 ke babak perempat final.

Unggul Dalam Umpan Sukses

Sebenarnya performa dari para pemain Timnas muda ini patut mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi. Terlebih lagi dalam hal konsistensi melakukan kerjasama dalam hal umpan antar pemain.

Tercatat 82% umpan sukses yang berhasil dicatatkan oleh para pemain asuhan coach Indra ini. Catatan tersebut jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan Qatar U-19 yang hanya mampu melakukan umpan sukses sebanyak 62%.

Tapi sepak bola bukanlah hitung-hitungan seperti matematika. Jadi terkadang tim yang menguasai pertandingan justru menelan kekalahan. Terbukti, 403 passing sukses berhasil dilakukan oleh Garuda Muda dari total 492 passing.

Kondisi ini menandakan jika Timnas U-19 masih belum bisa menerapkan sepakbola efektif. Jika kondisi ini bisa diperbaiki pada laga melawan UEA nanti, bukan tidak mungkin Indonesua Muda bisa mengalahkan UEA dan otomatis lolos ke fase selanjutnya.

Jumlah Tandangan Pojok Dan Lemparan Ke Dalam

Meskipun kalah atas Timnas Qatar U-19, ternyata Indonesia U-19 juga mampu unggul telak dalam hal eksekusi bola hasil clearences para pemain Qatar. Terbukti ada 23 lemparan ke dalam dan 6 sepakan pojok didapatkan oleh Egy Dkk sepanjang pertandingan tersebut.

Catatan tersebut jauh mengungguli Qatar U-19 yang hanya melakukan 14 kali lemparan ke dalam dan 3 corners. Kondisi ini tidak terlepas dari banyaknya sapuan bola yang dilakukan oleh para pemain Qatar, yakni 25 kali.

Sedangkan Indonesia U-19 yang pada pertandingan tersebut yang terus berupaya menggempur pertahanan Qatar tanpa lelah hanya melakukan 14 kali clearances. Namun melihat hasil akhir pertandingan tentunya sangat menyakitkan untuk Timnas U-19 Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *