Melihat Sisi Yang Berbeda Dari Rivalitas Messi vs Ronaldo

0 Shares

Rivalitas antara Messi vs Ronaldo tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Istimewanya, baik Messi maupun Ronaldo keduanya masih bertahan di level top selama 16 tahun terakhir dan masih belum menunjukkan tanda-tanda melambat.

Rivalitas dua megabintang ini sudah pasti bakal masuk dalam bagian penting sejarah sepak bola. Besar kemungkinan jika keduanya merupakan sosok pesepak bola terbaik sepanjang sejarah.

Terlepas dari persaingan meraih trofi, baik Messi maupun Ronaldo juga mampu menunjukkan kepemimpinan yang sangat luar biasa. Sampai saat ini keduanya masih berlomba menjadi yang terbaik.

Ronaldo Terkaya, Gaji Messi Tertinggi

 

messi vs ronaldoSetelah resmi melakukan perpanjangan kontrak dengan Barcelona, Lionel Messi berhasil menjadi pesepak bola dengan gaji paling tinggi di dunia. Total gaji Messi pertahunnya mencapai Rp 1,61 triliun.

Namun soal pemasukan, La Pulga tampaknya masih belum mampu menyaingi rival abadinya, Cristiano Ronaldo. Misalnya saja pada tahun  2018, angka pendapatan Ronaldo sepanjang tahun 2018 mencapai Rp 6,53 triliun.

Jauh dari taksiran pendapatan setahun Messi di tahun yang sama, Rp 5,80 triliun. Padahal gaji per tahun Messi jauh lebih besar dibanding Ronaldo. Baik semasa masih di Real Madrid maupun setelah pindah ke Juventus.

        Baca Juga: Catat! Jadwal El Classico Musim 2019-2020

Nilai kekayaan Ronaldo yang jauh mengungguli Messi ini berasal dari pendapatan royalti sebagai bintang iklan dan juga kontrak-kontrak yang dibuat dengan sponsorship. Terlebih lagi setelah CR7 menjalin kesepakatan dengan Nike sejak tahun 2016.

Nilai kesepakatan untuk kontrak seumur hidup Ronaldo dengan Nike berada diangka Rp 14,5 triliun. Ini belum termasuk kontraknya di perusahaan lain seperti games EA Sports, Sacoor Brothers, dan Tag Heuer. Majalah kenamaan dunia Forbes mengklaim jika lebih dari 40% kekayaan Ronaldo justru berasal dari luar gaji dan bonus sebagai pemain sepak bola.

Sementara itu sumber pendapatan terbesar Messi berasal dari gaji dan juga bonusnya di Barcelona. Uang yang didapat dari luar lapangan hanya sekitar 24,3 % dari total pendapatannya dalam kurun waktu setahun. Artinya Messi hanya mampu mengumpulkan uang dari sponsor sebesar Rp 391,9 miliar.

Trofi Klub Ronaldo dan Messi

Kurang begitu elegan jika membahasa Messi vs Ronaldo hanya berdasarkan jumlah kekayaannya saja. Sebagai pemain sepak bola, capaian trofi adalah sebuah keniscayaan bagi para pemain sepak bola. Terlebih untuk bintang sepak bola seperti Messi dan Ronaldo.

Seperti yang sudah diketahui, Ronaldo adalah tipe pemain sepak bola petualang. Tercatat dalam karir profesionalnya sudah ada empat klub yang pernah dibelanya. Sporting Lisbon, Manchester United, Real Madrid, dan terakhir Juventus adalah beberapa klub top Eropa yang pernah dibelanya.

Untuk lebih jelasnya, berkut ini adalah raihan trofi Ronaldo bersama dengan klub-klub yang pernah dibelanya:

  1. Tiga trofi Premier League
  2. Satu trofi FA Cup
  3. Dua trofi English Football League Cup
  4. Dua trofi La Liga
  5. Dua trofi Copa del Rey
  6. Dua trofi Spanish Supercup
  7. Lima trofi UEFA Champions League
  8. Dua trofi UEFA Super Cup
  9. Empat trofi FIFA Club World Cup
  10. Satu trofi Seria A
  11. Satu trofi Supercoppa Italiana

Sementara itu raihan torfi Messi bersama klub yang dibelanya sampai saat ini adalah:

  1. Depalan trofi La Liga
  2. Enam Trofi Copa del Rey
  3. Enam trofi Spanish Supercup
  4. Empat trofi UEFA Champions League
  5. Tiga trofi UEFA Super Cup
  6. Tiga Trofi FIFA World Cup

Rivalitas Messi dan Ronaldo untuk Ballon d’Or

Untuk urusan menyabet gelar sebagai pemain terbaik di dunia atau yang dikenal dengan Ballon d’Or, Messi vs Ronaldo terbilang imbang. Tercatat baik Messi maupun Ronaldo keduanya sama-sama meraih lima trofi Ballon d’Or sampai saat ini.

Ronaldo berhasil meraih Ballon d’Or pada tahun 2008, 2013, 2014, 2016, dan 2017. Sedangkan Messi meraihnya pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, dan 2015. Sementara pada tahun 2018, Luca Modric berhasil menghentikan dominasi Messi dan Ronaldo dalam perebutan trofi Ballon d’Or. Pemain Real Madrid ini berhasil memenangkan Ballon d’Or untuk yang pertama kalinya.

        Baca Juga: Daftar Lengkap Pemenang Ballon d’Or Edisi Pertama Sampai Terbaru

Catatan Jumlah Gol Messi vs Ronaldo

catatan gol ronaldo

Cristiano Ronaldo baru saja menorehkan catatan impresif. CR7 baru mencetak golnya yang ke 700 sepanjang karir profesionalnya. Tepat dalam 973 pertandingan resmi untuk klub dan juga negaranya, Portugal.

Sementara itu Lionel Messi masih tertinggal, meskipun tidak terlalu jauh. La Pulga sejauh ini sudah mencetak 668 gol. Artinya hanya tertinggal 32 gol dari CR7. Namun Messi meraihnya dalam jumlah pertandingan yang lebih sedikit, yakni 823. Selain itu secara umur Messi juga masih dua tahun lebih muda dari Ronaldo.

Artinya, La Pulga yang kini baru berusia 32 tahun masih sangat mungkin untuk melampaui torehan gol Ronaldo. Meskipun demikian, sangat sulit untuk menebak berapa lama lagi Messi dan Ronaldo bisa bermain di top level.

Messi dan Ronaldo memang luar biasa. Selain berhasil mencetak banyak gol, rekor demi rekor pun sudah biasa mereka berdua pecahkan. Meskipun sudah berkepala tiga, tapi tampaknya performa mereka masih belum mengalami penurunan.

Sampai sekarang kedua alien ini masih terus menjadi tumpuan mencetak gol dari klub yang dibelanya. Artinya baik Messi maupun Ronaldo belum bisa diabaikan sampai keduanya benar-benar gantung sepatu.

Selalu menarik jika mengulas rivalitas antara Messi dan Ronaldo. Meskipun harus diakui juga jika diantara kedua alien ini memiliki sisi keunggulan dan kekurangan masing-masing. Artinya berbicara mengenai Messi vs Ronaldo tidak akan pernah menemukan jawaban siapa yang akan jadi pemenangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *