Mourinho Dijatuhi Hukuman Satu Tahun Penjara

9 Shares

Sama halnya dengan Cristiano Ronaldo, Jose Mourinho akhirnya dijatuhi hukuman satu tahun penjara. Kesalahan yang dilakukannya pun juga sama, yakni kasus penggelapan pajak.

Kasus penggelapan pajak ini melilit Mourinho ketika dirinya masih menukangi Real Madrid dari tahun 2010 sampai dengan 2013 silam. Menurut otoritas pajak Spanyol, manajer asal Portugal ini tidak melaporkan penghasilannya dari image right alias hak citranya.

Sebenarnya pihak otoritas pajak Spanyol sudah mengajukan klaim tersebut terhadap Mou tahun lalu. Mereka mengatakan jika eks pelatih Manchester United ini sudah mengempleng pajak mulai tahun 2011 hingga 2012.

Dari situlah pihak otoritas pajak Spanyol menyebut jika Mou berhutang 3,3 juta euro kepada pihaknya. Sementara itu, pihak jaksa penuntut umum Spanyol mengatakan jika Mourinho menciptakan sejumlah badan usaha di Kepulauan Virgin Britania Raya dan ditempat lainnya untuk mengelola pemasukan dari hak citranya tersebut.

Tidak Jadi Masuk Bui

Lebih lanjut, jaksa penuntut umum berpendapat jika pengatutan itu sengaja dirancang untuk mengaburkan keuntungan finansial dari transaksi semacam itu. Sementara itu, Mou justru membiarkan hal tersebut tidak diumumkan dalam laporan pajaknya.

Akan tetapi, Mourinho tidak akan sampai masuk penjara. Hukuman satu tahun penjara yang diterimanya akan diganti dengan membayar denda yang besarannya mencapai 182,500 euro. Jumlah tersebut juga akan ditambahkan ke dalam denda lain yang bernilai sekitar dua juta euro.

Mengikuti Jejak Ronaldo

Kasus yang sama sebelumnya juga sempat dialami oleh mega bintang Juventus, Cristiano Ronaldo. Kasus yang melilitnya tersebut juga terjadi pada saat dirinya masih memperkuat Madrid.

Pada bulan Januari kemarin, pesepakbola asal Portugal ini juga dijatuhi denda sebesar 18,8 juta euro. Ronaldo dikenai hukuman penjara selama 23 bulan. Tapi hukumannya juga ditangguhkan lantaran dirinya lebih memilih membayar denda.

Tapi berbeda dengan kasus Ronaldo, pihak media tidak diberi tahu terkait dengan kabar hearing kasus Mourinho ini. Jadi tidak ada kerumunan para jurnalis yang berebut untuk memfoto dan mewawancarai Jose Mourinho.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *