Para Pemain Naturalisasi Terburuk Dalam Sejarah Timnas Indonesia

0 Shares

Berita sepak bola Indonesia akhir-akhir ini sedang banyak diramaikan dengan pemberitaan naturalisasi pemain. Salah satunya adalah pemain berkebangsaan Nigeria bernama Ouseloka Egwuatu.

Pemain ini bahkan sudah diproyeksikan oleh PSSI untuk segera menjalani proses naturalisasi dalam waktu dekat ini. Kabar ini juga diperkuat oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi.

Namun Imam Nahrawi mengatakan juga jika dirinya tidak ingin asal menjadikan pemain asing untuk dinaturalisasi. Syarat utamanya pemain tersebut harus produktif dan bisa mengangkat performa Timnas Indonesia.

Terlebih lagi seperti yang sudah diketahui bersama jika PSSI bisa dikatakan cukup sering mengalami kegagalan dalam menaturalisasi pemain asing. Berkaca dari hal itulah, Imam Nahrawi sepertinya tidak ingin mengulang kesalahan-kesalahan masa lalu.

Memang tidak bisa dipungkiri jika ada beberapa pemain naturalisasi yang secara kualitas sangat jauh dari harapan. Bahkan bisa dibilang kualitasnya masih jauh di bawah para pemain asli Indonesia.

Di bawah ini adalah beberapa contoh naturalisasi paling buruk bagi Timnas Indonesia sepanjang sejarah, diantaranya adalah:

Tonnie Cusell

Bisa dikatakan jika Tonnie Cusell ini adalah salah satu pemain yang tidak mampu memberikan kontribusi apapaun untuk Timnas. Hal ini bisa dilihat ketika dirinya tidak mampu memberikan performa terbaik saat membela Timnas di Piala AFF 2012 lalu.

Pada ajang tersebut, pemain naturalisasi asal Belanda ini sama sekali tidak mampu memberikan kontribusi yang nyata. Selain tidak mampu mencetak gol, Cusell bahkan tidak mampu memberikan assit di sepanjang turnamen tersebut.

Ruben Wuarbanaran

Meskipun digadang-gadang akan menjadi pemain muda berbakat yang mampu meningkatkan kualitas Timnas Indonesia, nyatanya pemain asal Belanda yang lahir pada 15 Agustus 1990 ini tidak mempu menunjukkan kualitasnya.

Selain akhirnya gagal saat mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2011, dirinya juga akhirnya terbuang dari klubnya saat itu, Pelita Jaya. Kondisi ini pastinya sudah bisa menjawab jika dirinya adalah salah satu pemain naturalisasi terburuk untuk Timnas.

Jhonny Van Beukering

Jhonny Van Beukering juga bisa dikatakan sebagai salah satu pemain naturalisasi terburuk dalam sejarah Timnas. Sama halnya dengan Cusell, dirinya sebenarnya juga dipercaya memperkuat Timnas pada ajang Piala AFF 2012.

Namun apa yang terjadi, Beukering sama sekali tidak bisa memberikan kontribusi untuk Timnas pada saat itu. Bahkan bisa dikatakan Piala AFF 2012, Timnas Indonesia gagal total.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *