Pelan Tapi Pasti, Pemain Ini Bisa Gantikan Peran Neymar Di Barcelona

1 Shares

FC Barcelona sampai memecahkan rekor transfer klub untuk mendatangkan Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund. Tapi banyak pihak yang mengklaim apa yang dilakukan oleh Barca ini merupakan pembelian panik.

Kepana? Sebab pada saat ini secara mengejutkan pada bursa transfer musim panas 2017, PSG berani menghidupkan klausul pelepasan salah satu bintangnya Neymar. Sehingga secara berat hati Barca harus berbisah dengan salah satu bintangnya.

Tidak ingin ambil pusing, manajemen Barca lantas gerak cepat untuk mencari suksesornya. Dan secara mengejutkan Dembele lah yang dipilih untuk menggantikan Neymar yang sudah resmi berseragam PSG.

Sosok asal Prancis ini lalu meneken kontrak jangka panjang sampai dengan 30 Juni 2022. Seolah tak ingin mengalami nasib yang sama, manajamen Barca lalu menetapkan klausal pelepasan Dembele sebesar 400 juta euro.

Adapun untuk mahar yang harus dibayarkan pihak Barca ke klub lama Dembele, Dortmund adalah sebesar 105 juta euro atau setara dengan Rp 1,66 triliun. Nominal tersebut sekaligus juga mengantarkan Dembele sebagai pemain termahal sepanjang masa klub asal Catalan ini.

Meskipun secara usia masih sangat muda, tapi tingginya harga Dembele ini sebenarnya tidak lepas dari performa apik yang dipertontonkannya pada musim 2016/2017. Pada musim tersebut, dirinya berhasil mencetak 10 gol dan 18 assist.

Belum Sesuai Dengan Harapan

Pada awalnya, kedatangan Dembele ini diharapkan bisa menggantikan Neymar yang memilih hengkang ke Paris Saint-Germain. Tapi apa yang diharapkan oleh pihak manajemen Barca tampaknya belum bisa dipenuhi oleh Dembele pada musim pertamanya di Barca.

Justru pada musim pertamanya berseragam Barca, Dembele lebih sering berada di ruang perawatan. Cidera berkepanjangan lah yang membuat dirinya masih belum bisa menunjukkan permaian terbaiknya.

Tapi tampaknya kesabaran Barca menunggu Dembele kini perlahan sudah menunjukkan hasilnya. Hal ini bisa dibuktikan dengan statistik teranyar Dembele paska kembali dari cidera panjangnya.

Statistik Ousmane Dembele Musim 2018/2019

Dembele kerap kali menuai banyak kritikan sejak berseragam Barcelona pada awal musim 2017/2018. Performanya yang jauh dari maksimal menjadi alasan kenapa pemain yang saat ini masih berusia 21 tahun itu selalu dalam sorotan negatif.

Salah satu skuat Timnas Prancis yang berhasil menjuarai Piala Dunia 2018 ini tempak cukup kesulitan untuk tampil maksimal bersama Barca. Penyababnya tidak lain justru dikarenakan seringnya dihantam berbagai cidera.

Pada musim pertamanya membela Barca, Dembele tercatat sudah dua kali mengalami masalah di kakinya. Cidera inilah yang memaksanya harus menjalani perawatan selama 133 hari. Tapi itu dulu, berbeda dengan Dembele yang sekarang.

Meskipun menuai banyak sekali kritikan, pemuda Prancis ini tetap fokus. Dirinya perlahan memperbaiki penampilannya. Hal ini pun berdampak terhadap hasil positif yang diraih Barca dalam beberapa pertandingan musim 2018/2019.

Hal ini bisa dilihat dari kontribusi besarnya untuk Los Cules sejak paruh kedua musim 2017/2018 sampai saat ini. Bahkan dirinya selalu terlibat dalam 12 gol yang dicetak oleh skuat Catalan dalam 15 kali tampil sebagai starter.

Selain itu, menanjaknya performa Dembele ini pun berbanding lurus dengan produktivitasnya saat ini. Setelah menjalani empat laga di berbagai kompetisi, pemain berpaspor Prancis ini mampu mencetak tiga gol.

Teranyar, Dembele ikut mencetak satu gol pada saat FC Barcelona berbesta 8-2 atas SD Huesca dalam pertandingan La Liga pekan ketiga di Camp Nou pada Minggu 2/9/2018 kemaren.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *