Pemain Manchester City Menjadi Korban Pertama VAR di Liga Inggris

7 Shares

Liputanbola.info – VAR atau Video Assistant Referee baru pertama kali diterapkan di Liga Inggris musim ini. Dan Manchester City sudah merasakan sendiri bagaimana alat ini bekerja.

Penggunaan VAR memang menuai kontroversi. Ada yang berpendapat VAR membuat pertandingan kurang seru. Pasalnya, keputusan dibuat bukan berdasarkan sang wasit yaitu manusia, melainkan alat.

Terlepas dari kontroversi tersebut, alat ini sudah diterapkan. Dan beberapa pemain dari Manchester City sudah merasakan keganasan dari alat yang satu ini.

Gol Pemain City Dianulir Karena VAR

Di Liga Inggris awal musim ini, Manchester City bertemu dengan lawan yang sebenarnya tidak begitu tangguh. Yaitu West Ham. Di atas kertas, bisa diprediksi City bisa menang walaupun mereka bertindak sebagai tim tamu.

Dan benar saja. Skuad Pep Guardiola ini mampu menundukkan West Ham dengan skor telak, 0-5. Namun, bukan gol yang menjadi perhatian, melainkan jumlah gol yang dianulir karena alat ini.

Gol Gabriel Jesus dianulir. Hal ini disebabkan dilihat dari VAR Raheem Sterling sudah terjebak offside. Posisinya ada di depan pemain bertahan West Ham.

Ini tentu ketidakberuntungan bagi City. Akan tetapi, alat yang menjadi asisten wasit ini juga menyelamatkan City. Aguero di menit 82 ditunjuk sebagai eksekutor tendangan pinalti setelah Mahrez dilanggar oleh Fabianski. Sayangnya, Aguero gagal menjebol gawang West Ham yang dijaga oleh Fabianski.

Namun, VAR mendapati Declan Rice melanggar batas di kotak pinalti. Walhasil, tendangan pinalti pun harus diulang. Beruntung, Aguero berhasil menjalankan tugasnya sebagai eksekutor.

Keberadaan alat yang menjadi asisten wasit ini memang bisa menjadi masalah. Namun, di sisi lain, VAR akan membuat pertandingan semakin fair. Pasalnya, wasit memiliki pandangan yang terbatas. Karena itu, VAR dibutuhkan.

Di sisi lain, para pemain pun akan semakin hati-hati jika kedapatan melakukan diving. Ia akan langsung dihukum oleh wasit dengan adanya bukti dari VAR.

City akhirnya bisa pulang dengan senang. 4 gol yang berhasil mereka sarangkan di gawang West Ham membuat mereka yakin untuk menatap Liga Inggris musim ini. Apalagi salah satu tim andalan Liga Inggris, Chelsea harus tersungkur di hadapan Manchester United. Ini membuat persaingan antara Dua Manchester ketat mulai di awal musim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *