Statement Petinggi Sepak Bola Malaysia Justru Membuat Kuping Rakyat Indonesia Semakin Panas

0 Shares

Belum lama ini berita sepak bola Indonesia digegerakan dengan kesalahan fatal yang dilakukan oleh salah satu punggawa Tumnas U-16 Malaysia untuk Piala AFF U-16 2018, Amirul Ashrafiq Hanifah lewat unggahan sebuah foto di fitur instastory Instagram pribadinya.

Maksud hati ingin memperlihatkan kepada para pecinta sepak bola Malaysia jika Timnas U-16 Malaysia siap mengikuti jejak seniornya, Timnas U-19 Malaysia yang berhasil juara pada Piala AFF U-19 kemaren.

Tapi sayangnya apa yang dilakukan oleh punggawa muda Timnas Malaysia ini justru berbuntut panjang. Bahkan terbilang sangat fatal. Memangnya apa yang salah dari unggahan foto tersebut?

Dalam foto yang diunggah oleh Amirul tersebut, terlihat skuad Timnas U-19 Malaysia lengkap dengan sebuah teks yang berisi tentang harapan untuk bisa memperoleh hasil terbaik pada ajang tersebut.

Tapi yang membuatnya fatal adalah di bawah foto skuad Timnas Junior Malaysia ini tampak bendera Indonesia yang dibuat terbalik olehnya. Entah disengaja ataupun tidak, hal seperti ini sudah pasti akan berbuntut panjang.

Terlebih lagi di era digital seperti ini. Berita yang cukup menghebohkan seperti ini sudah pasti akan langsung tersebar luas ke seluruh masyarakat Indonesia. Dan sudah pasti akan banyak menimbulkan pro dan kontra.

Tanggapan Petinggi Sepak Bola Malaysia

Menanggapi isu tersebut, Safirul Azli Abu Bakar selaku Direktur Senior Program Pengembangan Sepakbola Malaysia atau NFDP lantas mengklarifikasinya jika apa yang dilakukan oleh Amirul merupakan sebuah ketidak sengajaan. Lebih lanjut, Azli menganggap bahwa isu ini hanya dibesar-besarkan.

Meskipun sebuh ketidak sengajaan, isu seperti ini tentunya bisa semakin membuat rivalitas antara Indonesia dan Malaysia semakin memanas. Terlebih lagi, sejak dari dulu dikenal jika selalu terjadi persaingan sengit antara kedua negara ini. Bukan hanya soal sepak bola saja, tapi hampir dalam isu apapun. Oleh sebab itu, sangat wajar jika isu ini bergulir bagai bola liar di dunia maya.

Pelarangan Menggunakan Media Sosial

Buntut dari peristiwa tersebut, Azli meminta kepada skuad besutan Raja Azlan Shah ini untuk tidak menggunakan media sosial sementara waktu. Selain untuk menjaga fokus para pemain selama turnamen Piala AFF U-16, hal ini dilakukan supaya suasanan tidak semakin memanas.

Meskipun Azli sangat percaya jika apa yang dilakukan salah satu pemain Timnas Malaysia U-16 ini merupakan sebuah ketidak sengajaan dan pemain tersebut sebenarnya tidak memiliki maksud buruk. Selain itu, Amirul juga sudah menghapus unggahannya tersebut.

Permintaan Maaf Amirul

Sejatinya, pada hari Minggu 29/7/2018, Amirul sudah menyampaikan permintaan maaf ke seluruh rakyat Indonesia terkait dengan insiden postingan gambar bendera Indonesia terbalik.

Permintaan maaf tersebut disampaikan oleh sang pemain lewat unggahan di akun Instagram pribadi miliknya. Dalam caption di Instagram tersebut dirinya mengatakan jika memohon maaf kepada seluruh rakyat Indonesia lantaran keselahannya sudah mengunggah bendera yang salah pada Instastory tempo hari.

Amirul juga berharap jika isu yang sempat memancing kemarahan publik Indonesia ini tidak dibesar-besarkan lagi. Terlebih lagi hal ini merupakan sebuah ketidak sengajaan dan tidak ada maksud jelek apapun.

Meskipun demikian, apa yang dilakukan oleh Amirul ini masih membuat banyak warganet yang terpancing emosinya. Tapi sebenarnya hal ini sangat wajar. Terlebih lagi ini berkaitan dengan bendera Indonesia. Jadi wajar saja jika pemberitaan ini sampai saat ini masih menjadi salah satu headline di berita sepak bola Indonesia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *