Syarat Timnas Indonesia Lolos Ke Perempat Final Piala Asia U-19

0 Shares

Timnas Indonesia U-19 harus menelan pil pahit saat menjalani laga kedua Grup A Piala AFC U-19 kontra Qatar. Sempat tertinggal 6-1 pada babak pertama, skuad asuhan Indra Sjafri ini berhasil mencetak 4 gol pada babak kedua.

Meskipun kalah menyakitkan, sebenarnya Garuda Nusantara masih memiliki peluang untuk lolos ke babak perempat final. Timnas U-19 bakal melakoni laga hidup mati kontra Uni Emirat Arab yang akan berlangsung pada Rabu 24/10/2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri mengatakan untuk bisa lolos timnya wajib menang atas UEA pada pertandingan tersebut. Dengan demikian, Garuda Muda tidak perlu lagi bergantung pada hasil laga antara Qatar VS Taiwan.

Dikarenakan begitu pentingnya laga tersebut, coach Indra berharap dukungan penuh dari para supporter dengan datang langsung ke stadion. Dukungan suporter sangat penting guna memompa semangat semangat para pemain muda ini.

Untuk saat ini, Garuda Muda masih berada di peringkat ketiga dengan koleksi tiga poin. Poin yang sebenarnya sama dengan yang dikumpulkan oleh Timnas Qatar U-19. Qatar berhak menududuki peringkat kedua karena menang head to head atas Timnas U-19 Indonesia.

Sementara itu Timnas UEA U-19 berada di puncak klasemen dengan koleksi enam poin. Sedangkan Timnas Taiwan U-19 menjadi juru kunci dengan poin 0 hasil dari dua pertandingan yang sudah dilakoninya.

Syarat Indonesia U-19 Lolos

Ada beberapa situasi yang membuat Garuda Nusantara bisa lolos ke perempat final Piala AFC U-19 2018, diantaranya:

  1. Qatar tumbang dari Taiwan

Jika Taiwan bisa menang atas Qatar, maka Indonesia hanya perlu hasil imbang saja untuk lolos ke fase berikutnya. Jika situasinya seperti itu, maka klasemen akhir Grup A menjadi: UEA mengoleksi 7 poin, Indonesia mengoleksi 4 poin, Taiwan mengoleksi 3 poin, Qatar mengoleksi 3 poin.

  1. Qatar seri dengan Taiwan

Jika ternyata Taiwan berhasil menahan imbang Qatar, maka syarat Indonesia untuk lolos harus meraih kemenangan. Imbang dengan UEA membuat Timnas U-19 kalah head to head dengan Qatar.

  1. Qatar menang atas Taiwan

Jika Qatar U-19 berhasil meraih kemenangan atas Taiwan, klasemen akan ditentukan dengan menggunakan selisih gol antara ketiga tim saja, jadi laga-laga Taiwan akan diabaikan. Nantinya dua tim dengan agregat terbaik akan lolos ke perempat final.

  1. Juara Grup A

Jika Indonesia ingin lolos sebagai juara grup A, maka harus menang 2-0 atau lebih. Hasil ini akam membuat urutan klasemen Grup A menjadi, Indonesia 7-6=+1 gol, Qatar 7-7=0, UEA (2-3=-1). Jadi nantinya yang tidak lolos adalah UEA.

Selain itu, skor 3-2 atau skor bermargin satu gol di atasnya, juga bisa membuat Indonesia lolos dengan predikat sebagai juara Grup A. Hal ini dikarenakan Indonesia unggul jumlah gol yang dicetak atas Qatar.

Memang benar peluang Indonesia untuk lolos ke fase selanjutnya cukup berat. Terlebih lagi tim yang dihadapinya adalah UEA. Tapi apapun bisa terjadi. Jika tidak ingin bergantung dengan pertandingan lain, maka Timnas Indonesia U-19 harus menang atas UEA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *