Timnas Indonesia Wajib Waspada Dengan Tim Rasa Eropa Di Grup B Piala AFF 2018

Piala AFF 2018 akan digelar pada 8 November sampai dengan 15 Desember 2018. Timnas Indonesia Senior tergabung di Grup B yang dihuni oleh Thailand, Singapura, Filipina, dan Timor Leste.

Dari empat lawan di Grup B, Filipina tampaknya akan menjadi lawan yang cukup unik dan menakutkan. Sebagaimana sudah diketahui bersama, Timnas Filipina banyak sekali menggunakan pemain naturalisasi.

Tidak hanya itu saja, ternyata banyak juga pemain asli Filipina yang membela klub luar negeri. Salah satunya adalah penjaga gawang Neil Etheridge yang bermain untuk klub Premier League, Cardiff City.

Meskipun saat ini kiper berusia 28 tahun tersebut masih belum diizinkan oleh klubnya kembali ke skuad Filipina. Wajar saja, sebab di Cardiff Neil Etheridge selalu menjadi pilihan utama.

Timnas Indonesia Wajib Waspada

 

Meskipun seperti itu, Indonesia tetap harus mewaspadai kekuatan Filipina. Hal ini dikarenakan skuad Filipuna untuk Piala AFF masih memiliki banyak pemain berkualitas.

Misalnya saja para pemain naturalisasi yang bermain di klub asal Inggris, Spanyol, Jerman, dan Belanda. Yang pertama tentu saja dua pemain rasa inggris, siapa lagi jika bukan Phil Younghusband dan Curt Dizon.

Untuk publik pecinta sepakbola di Asia Tenggara pastinya sudah tidak asing dengan Phil Younghusband. Sejak beberapa tahun terakhir, pemain ini selalu menjadi tulang punggung Timnas Filipina.

Bahkan straiker ganteng yang saat ini sudah berusia 31 tahun ini masih memegang rekor sebagai top scorer untuk Timnas Filipina dengan 51 gol. Selain itu dirinya juga memagang cap terbanyak dengan 99 laga.

Ada juga nama Curt Dizon, gelandang nyentrik kelahiran Londong, Inggris yang saat ini masih berusia 24 tahun. Manuel Ott adalah nama lainnya yang tak kalah membahayakan yang ada di Timnas Filipina.

Selain nama-nama tadi, pada Piala AFF kali ini, Timnas Filipina juga memasukkan enam pemain naturalisasi, yaitu Junior Munoz (Belanda), Angel Guirado (Spanyol), Carli de Murga (Spanyol), John-Patrick Straub (Jerman), Daisuke Sato (Jepang), dan Amin Nazari (Swedia).

Baca Juga: 5 Pemain Kunci Timnas U-19 di Piala AFC 2018

Menariknya, keenam pemain tersebut sudah mengalami kompetisi profesional selama bertahun-tahun di Eropa. Oleh sebab itu, banyak pengamat yang memprediksi jika Timnas Filipina pada gelaran Piala AFF kali ini sangat membahayakan.

Dengan materi sembilan pemain kelahiran Eropa ini, wajar saja jika Filipina mematok target yang sangat tinggi pada gelaran Piala AFF kali ini. Filipina memburu gelar juara Piala AFF untuk yang pertama kalinya dalam sejarah.

Sebelumnya, prestasi paling bagus Filipina di Piala AFF hanya sampai babak semifinial, yaitu pada AFF 2010, 2012, dan juga 2014. Melihat komposisi pemain Timnas Filipina untuk Piala AFF 2018, Timnas Indonesia wajib untuk mewaspadainya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *